Rabu, 12 Oktober 2016

Kacang Merah yang Berada di Kedua Sisi Tubuh


Penyakit Ginjal dan Jenis-jenisnya

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Fungsi dari ginjal adalah sebagai berikut:
  1. Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan dan cairan berlebih dari darah.
  2. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  3. Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  4. Menghasilkan senyawa aktif dari vitaminD untuk menjaga kesehatan tulang.
  5. Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  6. Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.


Begitu banyak fungsi ginjal pada tubuh manusia, lalu apa yang akan terjadi apabila ginjal mengalami kerusakan?

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tunuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak nafas, dan kurang tidur. Penyakit ginjal merupakan kondisi berbahaya yang mana apanila tidak segera ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Apabila ginjal tidak berfungsi akibatnya bisa mematikan.

Jenis-jenis Penyakit Ginjal

Batu Ginjal

Tahukan Anda penyebab orang mengalami sakit batu ginjal ini terjadi karena adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri.

Gagal Ginjal
Gagal ginjal terjadi apabila salah satu ginjal tidak berfungsi. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih oleh ginjal lain. Namun keadaan ini tetap akan menimblkan resiko yang sangat tinggi. Karena akan menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan meyebabkan kematian.

Radang Ginjal (Nefritis)

Radang ginjal terjadi karena adanya kerusakan pada nefron, khususnya glomerulus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Rusaknya nefron mengakibatkan urine masuk kembali kedalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakkan pada daerah kaki.

Glukosuria

Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit glukosuria sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis. Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali sehingga kelebihan glukosa terbuang bersama urine.

Hematuria

Hematuria merupakan penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

Ginjal terapung

Penyakit ini adalah keadaan dimana ginjal dapat bergerak. Kadang ginjal bergerak sedemikian rupa sehingga diraba mmelalui dinding perut. Gejala penyakit ini adalah akibat terganggunya peredaran darah, tersumbatnya saluran air seni, dan kadang tidak tampak gejala sama sekali.

Kanker Ginjal
Adalah jenis penyakit ginjal yang terdapat pada ginjal atau tubulus renal proksimal, kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel. yang disebabkan oleh banyak hal mulai dari obat-obatan sampai dengan virus. Gejalanya adalah rasa nyeri pada bagian pinggang.
Penyakit ginjal akut merupakan kondisi yang secara tiba-tiba ginjal berhenti berfungsi. Jika kondisi ini tidak ditangani akan mengakibatkan kadar garam dan unsur kimia yang abnormal di dalam tubuh. Keadaan ini akan mempengaruhi organ lain jua yang tidak bisa bekerja dengan baik. Ini adalah gejala yang umum muncul akibat penyakit ginjal akut, antara lain:
  • Mual dan muntah
  • Dehidrasi
  • Sakit perut dan sedikit nyeri pinggang belakang
  • Tekanan darah tinggi
  • Kebingungan
  • Penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh atau edema

    Penyakit ginjal akut disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini.
  • Volume darah dalam tubuh berkurang. Bisa terjadi karena pendarahan, diare, atau muntah yang disertai dehidrasi parah.
  • Gangguan dengan pembuluh darah. Terjadi karena inflamasi atau terhambatnya pembuluh darah utama memasok aliran darah ke ginjal, misalnya karena vaskulitis (radang dinding pembuluh darah yang memblkir aliran darah).
  • Darah yang dipompa jantung lebih sedikit dari normal. Bisa terjadi karena gagal ginjal, gagl fungsi hati atau sepsis.
  • Beberapa obat-obatan.


Demikian informasi seputar ginjal, kita mengetahui ternyata begitu banyak jenis penyakit yang dapat menyerang organ ginjal tubuh kita. Semoga setelah mengetahui penjelasannya kita dapat lebih memperhatikan tubuh dan menjaga kesehatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar